Minggu, 09 Maret 2014

Praktek Menggunakan TeamViewer

TeamViewer terdiri dari dua buah program utama, satu program dijalankan di komputer kita dan satu lagi di komputer yang akan kita akses melalui komputer kita (remote). Setelah keduanya terkoneksi maka kita bisa mengakses komputer secara remote dengan mudah karena tampilannya merupakan tampilan dekstop komputer remote.

Berikut ini akan dijelaskan cara-cara menginstal TeamViewer :
1.     Download software Teamviewer pada situs resminya http://www.teamviewer.com/
2.   Setelah itu jalankan file setupnya. Double klik pada teamviewersetup.exe 
3.    Setelah dibuka maka akan tampil seperti gambar di bawah ini, check list pada pilihan install > Next.


4.     Setelah itu akan muncul pertanyaan How do you want to use TeamViewer? Maka pilih yang sesuai dengan yang anda inginkan sesuai kategori yang diberikan. Saya memilih opsi personal / non-commercial use karena hanya digunakan secara sederhana menggunakan 2 komputer yang berbeda, kemudian klik Next.


5.  Kemudian akan muncul message box baru untuk persetujuan tentang beberapa kategori yang telah diberikan tadi, pilih dan check list kedua persetujuan tersebut, lalu klik Next.


6.  Kemudian akan muncul message box baru yang meminta tipe pilihan instalasi kemudian pilih yang No (default) agar software ini hanya bisa digunakan saat kita nyalakan, sedangkan jika memilih Yes maka secara otomatis software ini akan selalu on walaupun komputer sudah dimatikan dan dihidupkan kembali software ini akan selalu on. Lalu klik Finish.


7.         Setelah itu tunggu beberapa menit untuk menunggu proses instalasi.


8.   Jika instalasi sudah selesai dan berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


            Setelah melakukan instalasi teamviewer pada komputer kita dan mendapatkan ID serta Password, lakukan juga instalasi teamviewer pada komputer partner kita, agar komputer partner juga mendapatkan ID dan Password.

Setelah melakukan langkah yang sama instalasi pada komputer partner, maka komputer partner kita akan mendapatkan ID dan Password.

Adapun cara me-remote desktop komputer partner kita yaitu:  
1.        Pada kotak Partner ID masukkan ID komputer yang akan diremote lalu klik Connect to Partner.

2.    Lalu akan muncul message box untuk meminta password partner kita. Masukkanlah password yang akan diremote dan pilih Log On



3.     Jika Password benar dan koneksi jaringan anda baik maka akan tampil layar komputer partner kita pada Dekstop Komputer kita.



Selain dapat me-remote desktop lain, TeamViewer juga dapat digunakan untuk transfer file kepada computer partnernya. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
1.      Masukkan ID computer Partner lalu klik check list File Transfer dan pilih connect to partner.


2.      Akan muncul message box yang meminta anda mengisi password partner anda lalu pilih Log On.

3.      Akan muncul tampilan untuk transfer file yang anda inginkan. Pilih lokasi file yang ingin anda transfer. Lalu klik tanda panah untuk anda memilih upload atau download file.


4.      Setelah itu akan tampak proses transfer file yang sudah dipilih sebelumnya, tunggu sampai proses selesai. Maka file akan ada di komputer anda .


Selain untuk file transfer, TeamViewer dapat digunakan video call. Lakukan dengan cara berikut :

1. Pilih tab Video untuk melakukan video call dengan komputer patner. Lalu akan muncul tampilan berikut, pilih Share Video maka tampilan wajah kita akan muncul di komputer client melalui webcame. Pastikan kedua komputer yang saling berhubungan memiliki webcame.


2. Untuk melakukan chat dengan komputer client pilih tab chat.



Referensi :

https://docs.google.com/document/d/1bizkJ0iZ0GCYhLwD-PXwf015vOGwk2ys-NWGGSEiC1k/edit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar