Jumat, 22 Maret 2013

Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan





Wortel mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan buah wortel, karena banyak sekali jenis wortel. Pilihlah yang bermutu baik yaitu yang berwarna kuning tua hingga orange, jangan ada bagian yang busuk dan layu. Pilihlah wortel yang renyah, terasa manis, serta tidak banyak mengandung serat, wortel yang masih segar (baru atau sesaat setelah di petik).

Wortel banyak mengandung betakaroten, rata-rata sejumlah 12000 IU per 100 gram buah. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari yaitu sekitar 15000 – 25000 IU.


Jus wortel diperkirakan mengurangi risiko berbagai jenis kanker termasuk kulit dan kanker payudara. Para sifat melawan kanker jus wortel sering dianggap sangat baik karena jumlah tinggi beta karoten. Beta karoten perubahan Vitamin A dalam tubuh. Penelitian telah menghubungkan Vitamin A dengan pencegahan kanker dengan sifat antioksidan yang membantu menghilangkan penyebab kanker radikal bebas dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh :

1. Wortel mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin E. Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata       dan vitamin E membantu mencegah kemungkinan kemandulan

2. Salah satu kandungan wortel adalah beta-karoten yang membantu mengkonversi vitamin A dalam pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa beta-karoten mengurangi penyebab terjadinya kanker dalam tubuh

3. Wortel merupakan makanan berserat yang mudah dicerna. Vitamin dan mineral dalam wortel dapat menjaga fungsi hati tetap sehat. Beberapa penelitian menyatakan jus wortel mempunyai efek positif untuk pembersihan hati.

4. Salah satu manfaat wortel yang paling terkenal adalah membantu meningkatkan penglihatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Wortel juga dapat meningkatkan fleksibilitas sel dalam mata sehingga secara alami mata dapat menyesuaikan apabila terjadi perubahan cahaya.

5. Jus wortel baik untuk dikonsumsi ibu yang tengah menyusui, karena jus wortel akan meningkatkan kualitas ASI

6. Manfaat jus wortel dalam mengatur gula darah di dalam sebuah tubuh disebabkan karena adanya kandungan karotenoid

7. Kandungan zat besi pada jus wortel akan mencegah munculnya gejala anemia

8. Mengkonsumsi jus wortel juga akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh, mencegah munculnya berbagai masalah pada pernapasan

9. Minum jus wortel setiap pagi sebelum makan dapat membantu pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi akan memperlancar bab dan mampu menyerap lemak dan racun yang terdapat pada lambung


Sudahkah anda minum jus wortel? Kalau saya sudah ... karena diharuskan dan diwajubkan dan tidak boleh dilanggar karena sudah ketetapan untuk kesehatan saya ... hehehe ..
Pertama-tama emang rada langu dan rasanya aneh cuma karena saya sudah terbiasa jadinya enak di lidah saya ... campur dengan buah atau sayur yang lain juga bisa.
Silahkan di coba ! :)

Semoga bermanfaat
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar